Latest News

Iran Mulai Pasang Peralatan Baru Nuklir



Peralatan Baru Nuklir Iran Mulai Dipasang
Peralatan baru pengayaan uranium dipasang di fasilitas nuklir Natan.

BERITA TERKINI — Iran mengatakan sudah mulai memasang peralatan pengayaan uranium yang baru di fasilitas nuklir di Natanz. Kepala Badan Energi Atom Iran Fereydun Abbasi-Davani menyebutkan, pemasangan mulai dilakukan bulan lalu.

"Sejak bulan lalu, pemasangan generasi baru mesin itu sudah dimulai," tutur Abbasi-Davani, seperti dikutip kantor berita resmi Iran, IRNA.

"Kami sudah memproduksi mesin itu sesuai rencana dan melaksanakan pemasangan secara perlahan-lahan untuk menuntaskan uji coba yang relevan dengan generasi baru itu."

Diperkirakan peralatan pengayaan uranium yang baru ini akan mempercepat waktu yang diperlukan untuk membangun bom nuklir.

Berita ini muncul bersamaan dengan kunjungan sebuah delegasi Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) ke Teheran, untuk membahas kemungkinan pemeriksaan baru atas fasilitas nuklir Iran.

IAEA mengatakan pada tanggal 23 Januari menerima surat dari Iran yang mengungkapkan rencana untuk meningkatkan pengayaan uraniumnya.

Fasilitas nuklir Natanz yang terletak di Iran tengah menjadi fokus dalam sengketa nuklir Iran dengan Dewan Keamanan PBB.

Pekan lalu, Iran mengatakan siap mengikuti perundingan internasional babak baru tentang program nuklirnya, yang dicurigai sebagai upaya untuk mengembangkan senjata nuklir.

Iran selalu menentang tuduhan itu dan menegaskan program nuklirnya untuk tujuan damai semata.

Sumber : Kompas.com
 
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.