Latest News

Gempa 5 SR Guncang Kota Bushehr, Iran

Gempa bumi (ilustrasi)
Gempa bumi (ilustrasi)

BERITA TERKINI, TEHERAN --  Gempa berkekuatan 5 SR mengguncang kota Kaki di Provinsi Bushehr, Iran selatan, Rabu (1/5) malam waktu setempat.

IRNA melaporkan, Pusat Seismografi Negara, yang berafiliasi dengan Institut Geofisika Universitas Teheran mencatat gempa itu terjadi pada pukul 23.01 waktu setempat atau Kamis (2/5) pukul 02.31 WIB. Lokasi gempa 28,29 derajat lintang utara dan 51,73 derajat bujur timur, pada kedalaman delapan kilometer dari permukaan bumi. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa dan materi.

Iran adalah salah satu negara yang memiliki seismik paling aktif di dunia, yang dilintasi beberapa jalur patahan utama yang mencakup sedikitnya 90 persen dari negara itu. Akibatnya, gempa bumi di Iran sering terjadi dan seringkali bersifat merusak.

Dataran tinggi Iran adalah subyek bagi sebagian besar jenis aktivitas tektonik, termasuk lipat aktif, pergeseran dan letusan gunung berapi. Hal ini terkenal karena sejarah panjang aktivitas bencana gempa yang terjadi di negara itu.

Tidak hanya gempa tersebut menewaskan ribuan, tetapi pergeseran bumi itu juga telah menyebabkan pemborosan sumber daya alam yang berharga. Sejak 1900, setidaknya 126 ribu kematian telah diakibatkan gempa bumi di Iran. 

Sumber: Republika.online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.