Latest News

Google: Peretas Bermuatan Politik Marak Di Iran

delapan calon presiden Iran yang dijadwalkan akan mengikuti
delapan calon presiden Iran yang dijadwalkan akan mengikuti "Debat Capres Iran 2013" Jumat 31 Mei 2013 (dari kiri atas, searah putaran jarum jam): Mohammad Gharazi, Mohsen Rezaei, Mohammad Bagher Qalibaf, Gholam Ali Haddad Adel, Hasan Rowhani, Mohammad Rez

POHUWATO ONLINE, CALIFORNIA -- Google mengatakan pihaknya mendeteksi ribuan serangan siber yang menarget aku email pengguna di Iran menjelang pemilihan presiden 14 Juni.

Dalam sebuah pernyataan online, perusahaan mengatakan telah melihat kegiatan peretasan yang jumlahnya melonjak dalam tiga pekan terakhir. Waktu dan terget serangan tersebut bermotif politik.

Jajak pendapat pada Jumat pekan lalu dilakukan pertama kali sejak 2009 ketika Presiden Mahmoud Ahmadinejad memenangkan masa jabatan kedua. Pemilihan itu memicu protes dengan menuduh Ahmadinejad mencurangi hasil jajak pendapat.

Wakil Presiden Teknik Keamanan Google, Eric Grosse mengatakan serangan siber berasal dari dalam Iran. Upaya tersebut untuk mendapatkan pasword dan informasi lainnya yang mengarahkan pengguna ke situs web palsu.

"Selama hampir tiga minggu, kami telah mendeteksi dan menghentikan kampanye berbasis email yang bertujuan memiliki akun puluhan ribu pengguna Iran," ujarnya dilansir BBC.

Grosse mengatakan korban serangan itu menerima email yang berisi link ke halaman web yang mengaku memelihara akun. Jika mereka mengklik link tersebut, mereka dibawa ke akun palsu Google yang akan mencuri username dan password.

Dia memperingatkan pengguna Iran untuk mengambil langkah ekstra melindungi akun mereka dari serangan tersebut.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.