Latest News

Banyak TKW di Mesir Keberadaannya Tak Diketahui

Militer Mesir berjaga di dekat Universitas Kairo, Kamis (4/7).
Militer Mesir berjaga di dekat Universitas Kairo, Kamis (4/7).

BERITA TERKINI, KAIRO -- Ratusan tenaga kerja wanita (TKW) tidak diketahui keberadaannya di Mesir. Mereka tidak melaporkan diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di Mesir.

Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler KBRO Kairo, Nugroho Yuwono Aribhimo mengatakan, data yang tercatat di KBRI per Juni 2013 TKW yang tercatat berjumlah 1.300 orang.

"Untuk yang tidak tercatat, jumlahnya kita tidak bisa memperkirakan, namun menurut info dari pemerintah Mesir memang lebih banyak," kata dia, Ahad kemarin.

Para TKW yang tercatat itu sebagian besar tinggal bersama majikan di Kairo dan sebagian lainnya tersebar di kota-kota di berbagai provinsi. Disebutkan, para TKW baru tercatat di KBRI biasanya saat memperpanjang masa berlakunya paspor, atau ketika menghadapi masalah dengan majikan.

"Sekitar 40 persen mereka melapor karena bermasalah dengan majikan. Rata-rata setiap tahun KBRI memulangkan 100 TKW bermasalah setelah ditampung beberapa lama di KBRI," kata Nugroho.

Dalam enam bulan terakhir, KBRI memulangkan 20 orang atas biaya negara karena majikan tidak bisa diminta pertanggungjawaban. Saat ini masih terdapat 12 orang lagi di penampungan KBRI dan dalam proses pemulangan.

Terkait dengan krisis di Mesir, KBRI intensif melakukan kontak dengan TKW, terutama mereka yang tinggal di daerah rawan unjuk rasa seperti di Bundaran Tahri dan Bundaran Rabiah Adawiyah di Kairo dan Iskandariyah.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.