Latest News

AS-Rusia Bahas Lebih Lanjut Program Nuklir Iran

Kelompok P5+1 dan Iran bakal melakukan pertemuan di Istanbul, Turki, Sabtu (14/4) guna membahas program nuklir Iran.
Kelompok P5+1 dan Iran bakal melakukan pertemuan di Istanbul, Turki, Sabtu (14/4) guna membahas program nuklir Iran.

BERITA TERKINI, MOSKOW -- Wakil Menteri Luar Negeri dan kepala perunding nuklir Rusia Sergei Ryabcov dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia Michael McFaul, pada Sabtu mengadakan pertemuan tentang program nuklir Iran.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas lebih lanjut pembicaraan terakhir antara Iran dan Kelompok 5+1 di Jenewa, Swiss.

Pertemuan ini juga membicarakan isu-isu kepentingan bersama serta isu-isu internasional yang paling penting, seperti penghancuran senjata kimia Suriah.

Iran dan enam negara besar mengadakan putaran baru pembicaraan dari 15-16 Oktober, di mana Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang memimpin delegasi negaranya mempresentasikan proposal baru Teheran untuk menyelesaikan sengketa program nuklir negara itu.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton memimpin pihak lain selama pembicaraan dua hari.

Ryabcov yang mewakili negaranya di pembicaraan Jenewa menyatakan puas dengan hasil perundingan dan proposal baru yang diajukan oleh pihak Iran. "Semua peserta sepakat bahwa rencana baru Iran menunjukkan pendekatan baru untuk perundingan," kata Ryabcov.

Dia menegaskan bahwa rencana tersebut tidak bisa menjadi kunci untuk semua masalah, tetapi ia mengatakan Rusia menyambut potensi konstruktif yang baik dibalik itu.

Dia menggarisbawahi kebutuhan untuk mengangkat sanksi-sanksi sepihak terhadap Barat terhadap Iran, karena Iran akan menempatkan program nuklirnya di bawah pengawasan internasional. Barat harus mencabut semua sanksi yang telah dikenakan pada negara itu. 

  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.