Latest News

Hatta: Indonesia Akan Jadi Kekuatan Global Masa Depan

Hatta Rajasa
Hatta Rajasa

BERITA TERKINI, NUSA DUA---Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, penyelenggaraan APEC 2013 di Bali sesungguhnya memberikan makna yang kuat bagi Indonesia, yaitu sebagai kekuatan regional, bahkan ke depan bisa menjadi salah satu kekuatan global. "Salah kalau ada yang menilai APEC tidak memberikan manfaat bagi Indonesia," kata Hatta Rajasa kepada Antara di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Ia mengajak untuk melihat APEC dan posisi Indonesia dalam perspektif yang lebih optimistis ketimbang dalam sudut pandang yang kritis, agar dapat melihat perkembangan dan keuntungan yang bisa diambil dari situasi global seperti sekarang. "Tiga prioritas utama dalam APEC Bali merupakan kepentingan Indonesia untuk bisa mendekatkan APEC dengan rakyat. Lewat Bogor Goals tahun 1994 tercipta semangat kerja sama perdagangan, dan lewat APEC Bali kali ini diberikan makna yang lebih membumi buat Indonesia," katanya.

Tiga prioritas APEC Bali adalah Attaining the Bogor Goals (mewujudkan Bogor Goals), Sustainable Growth with Equity (mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan), dan Promoting Connectivity (memperkuat konektivitas).

Hatta lantas menyebutkan 75 persen total perdagangan Indonesia terjalin dengan negara-negara anggota APEC, dengan pertumbuhan perdagangan Indonesia-APEC lebih tinggi dari pertumbuhan perdagangan Indonesia di luar kawasan Asia Pasifik. "Kondisi ini menjadikan Indonesia memiliki posisi strategis. Itu sebabnya dibutuhkan pandangan yang optimistis bahwa Indonesia bisa menjadi 'regional power' dan juga 'global power'," katanya.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.