Latest News

Daftar Nama Band Barat dan Makna dibalik Penamaannya

filosofi band

ANEH UNIK, Kita amati jika band-band cadas selalu memakai nama-nama asing dan unik. Di balik nama tersebut ternyata memiliki filosofi yang sangat dalam, namun ada juga yang klise dan lucu dalam penamaan nama. Meski begitu, nama-nama ini menjadi kiblat bagi musik sekarang. Yuk kita simak cerita band berikut.

Avenged Sevenfold
Mungkin kita penasaran apa yang membuat M Shadows memilih nama Avenged Sevenfold sebagai nama bandnya. Ternyata nama mengambil dari referensi Cain dan Abel dari alkitab. Sementara itu singkatan A7X juga memilki arti tersendiri x yang berarti lipatan atau berkali-kali. Sehingga bisa A7X bermakna pembalasan 7 kali lipat.

Nirvana
Sebelum memilih nama Nirvana, Kurt Cobain mempunyai deretan daftar nama yang akan dipakai untuk bandnya. Sebut saja Poo Poo Box, Whisker Biscuit, Gut Bomb, Bat Guana, Fecal Matter dan masih banyak lagi. Namun dia merasa tercerahkan saat melihat tayangan tentang ajaran Budha di malam hari. Dari situ dia merasa Nirvana adalah kata yang cocok untuk bandnya, terlebih dia menganggap dirinya pengikut Budha. Nirvana sendiri memiliki arti pencampaian kesempurnaan, yang sepertinya pantas sekali dipakai oleh band ini yang akhirnya memilki 3 personel yang sempurna seperti saudara.

Pearl Jam
Mungkin banyak yang bertanya kenapa band pengusung Seattle Sound ini memilih nama Pearl Jam. menurut penuturan Eddie Vedder (vokalis) bahwa nama tersebut terinspirasi dari nama neneknya bernama Pearl yang jago membuat selai (Jam dalam Inggris). Namun cerita itu kemudian disanggah oleh Eddie walau dia memang memiliki nenek bernama Pearl.

Metallica
Metallica adalah sebuah nama yang pas untuk menggambarkan musik mereka yang padat, cadas dan sekeras baja. Menurut penuturan dari Lars Ulrich (drum) bahwa nama ini diambil saat dia membantu temannya untuk memberikan ide bagi majalah metalnya. Lars membawa 2 nama yaitu Metallica dan Metal Mania, yang akhirnya dipilih Metal Mania. Saat membuat band, Lars pun akhirnya terpikirkan untuk memakai nama Metallica di bandnya.

Blink 182
Ada yang tahu makna angka182 pada Blink 182. Bukan berarti berkedip hingga 182 kali lo. Jadi ceritanya gini, mereka sebelumnya memakai nama blink untuk bandnya. Namun karena ada kesamaan nama dengan band Irlandia membuat mereka harus mengganti. Namun karena nama Blink sudah terlalu asyik bagi mereka akhirnya mereka menaruh angka 182 di belakangnya. Nah, angka 182 ini diambil dari film TURK! 182 yang saat ditontonnya.

Children of Bodom
Peristiwa pembunuhan di danau Bodom, Esspo, Finlandia pada tahun 1960 menjadi inspirasi bagi band metal ini. Mereka pun menamakan band mereka Children of Bodom untuk memberi tribute bagi para korban tersebut. Bahkan mereka sempat mengangkat cerita pembunuhan ini ke dalam salah satu karyanya.

Ramones
Meski setiap nama personelnya diberi nama Ramones bukan berarti mereka memiliki darah keluarga.Ternyata nama Ramones ini terinspirasi dari nama samaran personel The Beatles, Paul McCartney. Kabarnya Paul sering check in ke hotel dengan nama Paul Ramones. Entah bagaimana personel pionir punk ini memakai nama Ramones untuk bandnya.

Misfits
Diambil dari nama film terakhir marylin monroe yang berjudul the misfits, yang ditemukan oleh founder the misfits glenn danzig yang terobsesi oleh marylin monroe

Black Sabbath
Black Sabbath adalah judul film yg laris waktu itu. Jadi si ozzy pake dgn harapan band nya ikut laris

The Beatles
John Lennon dpt nama dri sebuah film dan di film tsb ada genk motor namanya beatles, dan Stuart Sutchcliff (personil beatles era" awal) dapet nama dari mimpi nya

The Rolling Stones
Dapet nama dari tempat mereka nge-band

Guns N Roses
Diambil dari gabungan band LA Guns milik Stradlin sama Hollywood Roses yang saat itu berisi Slash, Axl, dan Adler... Kemudian merekrut Duff

SUM 41
Dinamakan demikian oleh personilnya Deryck karena band ini dibentuk pada hari ke 41 musim summer

The All American Rejects
Diambil dari lirik lagu Green Day

Paramore
Dinamakan dari tokoh novel yg dibaca hayley williams

My Chemical Romance
band rock yang sangat terkenal dengan lagu Helena dan Welcome to the Black Parade ternyata diambil dari sebuah judul buku buah karya Irvine Welsh yaitu Ecstasy: Three Tales of Chemical Romance.

JUDAS PRIEST
Diambil dari salah satu lagu Bob Dylan yg judulnya The Ballad of Frankie Lee and Judas Priest

Led Zeppelin
Band ini awalnya bernama The New Yardbirds, sampai pada akhirnya mereka terinspirasi dari pernyataan drummer The Who, Keith Moon. Drummer idola mereka tersebut pernah menganggap Jimmy Page Cs tidak akan sukses, dan bernasib seperti roket dan akan jatuh seperti Zeppelin (balon gas terbang) yang jatuh di tahun 1937. Akhirnya mereka merubah nama bandnya menjadi Lead Zepplin, menyingkatnya menjadi "Led Zeppelin" agar lebih mudah disebut.

Muse
Muse dalam mitologi yunani kuno berarti para dewi atau roh yang menginspirasikan proses penciptaan dari sebuah literatur dan seni. Mereka dianggap sebagai sumber ilmu pengetahuan, selalu dibincangkan selama berabad-abad yang lampau dalam kebudayaan kuno, yang berisikan tentang puisi dan mitos.

Aslinya dikatakan bahwa ada sejumlah tiga muse, pada era klasik 400 SM, angkanya telah berkembang dan menjadi satu set sembilan dewi yang dianggap sebagai perwujudan dari seni dan menginspirasikan proses penciptaan dengan keanggunan mereka, melalui daya ingat dan improvisasi lagu, penulisan, musik tradisional dan seni tari.

AC/DC
Terinspirasi ketika tidak sengaja Angus Young melihat tulisan AC/DC di belakang alat cukur listrik-nya. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa AC/DC merupakan singkatan kontroversial 'After Christ Devil Comes', ada jg yg menyebutnya 'Anti Christ Devil's Children'.

KISS
Band selalu berdalih, KISS memang berarti “cium” sebuah istilah yang kedengaran seksi skaligus keren. Personil KISS menyangkal rumor yang beredar bahwa KISS adalah kepanjangan "Knights In Satan’s Service" (ksatria – ksatria pelayan setan).

Green Day
Green Day adalah istilah slang pengeluaran sehari untuk merokok ganja. Billie Joe Armstrong menulis sebuah lagu yang disebut "Green Day" tentang pengalaman pertama dengan obat-obatan. Belakangan judul lagu itu diganti dengan "Sweet Children" karena band menganggap nama Green Day lebih cocok untuk jadi nama band.

KORN
Konon, nama ini diambil saat band sedang berkumpul di sebuah kafe dan ada pasangan gay yang sedang makan jagung sambil saling menyuapi satu sama lain. Kejadian ini mengilhami band untuk menggunakan nama 'KoRn'.

3 DOORS DOWN
Nama ini datang ketika suatu hari anggota band sedang berkumpul sambil mencari inspirasi nama, tiba-tiba melihat sebuah pintu kayu dan seseorang bilang, "doors down". Saat itu jam 3 maka jadilah "3 doors down".

Rage Against the Machine
Ditelaah dari lirik2 lagunya, band ini meluapkan protes keras terhadap alat-alat pemerintah yang suka berlaku semena-mena (Machine)
Artinya = Kemarahan menghadapi aparat (mesin) pemerintah

Pink Floyd
Almarhum Syd Barrett, vokalis terdahulu Pink Floyd, mengambil nama band ini dari 2 musisi blues yang dia gemari. Pink Anderson dan Floyd Council

Marylin Manson
Diambil dari Artis Cantik Amerika Marilyn Monroe dan Pembunuh Berdarah Dingin Asal Amerika Charle Milles Manson

Linkin Park
Dari nama Lincoln Park sebuah taman di Santa Monica, California. Berawal dr Chester yg tiap hari klo mau latihan pasti lewat tuh taman trus diplesetin namanya jadi Linkin.

Coldplay
disaranin sama salah satu teman mreka. asalnya dr buku kumpulan puisi judulnya Child's Reflections: Cold Play.

MEGADETH
diambil dari sebuah koran yang menceritakan pembunuhan massal (megadeath). tapi kemudian dirubah menjadi MEGADETH (tanpa huruf A) supaya kata tersebut tidak ada artinya

Dream Theater
Ketika mereka sedang melakukan pertunjukan,sebuah band asal Las Vegas yang ternyata juga bernama Majesty, dan band asal Las Vegas tersebut sudah dipatenkan, akhirnya mereka berusaha untuk mengganti nama band mereka, diantaranya nama yang pernah diusulkan yaitu Glasser, Magus, and M1,dan semuanya ditolak, hingga pada ayah Portnoy mengusulkan nama Dream Theater yang di ambil dari nama sebuah gedung pertujukan film di Monterey, California, sejak itulah nama Dream Theater dipakai untuk menggantikan nama band mereka sebelumnya. 
 
Sumber: marlique.blogspot.com
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.