Latest News

Lantunan Musik Sedih Baik Untuk Kesehatan

manfaat musik sedih bagi kesehatan

ANEH UNIK, Musik hadir untuk menghibur manusia. Tapi terkadang tidak selalu musik ceria yang disukai. Sebab beberapa orang lebih menyukai musik yang sedih. Ternyata mendengarkan musik sedih ada manfaatnya lho.

Adalah para peneliti dari Jepang yang mengungkap adanya manfaat positif dari mendengarkan musik sedih. Menurut para peneliti Jepang, musik yang sedih dapat membangun emosi positif.

Ai Kawakami dan teman-temannya dari jurusan Seni Tokyo University menggelar penelitian bersama RIKEN Brain Science Institute. Dalam penelitiannya, mereka melibatkan 44 sukarelawan. Para sukarelawan yang antara lain terdiri dari musisi maupun masyarakat awam diminta untuk mendengarkan musik sedih dan musik bernada gembira.

Kemudian para partisipan diminta menggunakan seperangkat kata kunci untuk menilai persepsinya tentang musik dan keadaan emosional mereka sendiri. Musik sedih yang diperdengarkan antara lain 'La Separation' dari Glinka yang dimainkan di F minor, serta Etude 'Sur Mer' dari Blumenfeld yang dimainkan di G minor.

Sedangkan musik bernada ceria yang diperdengarkan adalah Allegro de Concierto yang dimainkan di G major. Untuk mengontrol efek bahagia dari kunci mayor, diperdengarkan juga beberapa potong kunci minor. Sebaliknya saat dimainkan musik di kunci minor, disertakan pula potongan musik dari kunci mayor.

Para peneliti menjelaskan musik sedih mampu membangkitkan emosi yang berlawanan. Hal ini karena para peserta penelitian cenderung merasa musik sedih lebih tragis, kurang romantis, dan kurang gembira ketimbang kondisi mereka saat mendengarkan musik tersebut.

Dalam penelitiannya, penulis menyebut bahwa pada umumnya musik sedih menginduksi kesedihan pendengar. Nah, kesedihan dianggap sebagai emosi yang tidak menyenangkan.

Menurut peneliti, jika musik sedih hanya membangkitkan emosi yang tidak menyenangkan, tentu tidak ada yang mau mendengarkan. Tapi ternyata ditemukan bahwa musik yang dianggap sedih sebenarnya juga menginduksi emosi romantis dan membangun suasana positif. Inilah yang kemudian membuat beberapa orang menyukai alunan musik sedih. 

  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.