Latest News

Pemberkasan CPNS Molor Lagi

BERITA TERKINI, Euforia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 sudah mulai terasa. Apalagi saat pemerintah memberikan gambaran tentang proses pendaftaran yang sudah akan dimulai sejak Maret 2014 nanti, meski seleksinya sendiri baru akan dilaksanakan bulan Juni atau Juli. Tetapi, beberapa daerah atau orang tertentu menanggapi ini dengan dingin. Pasalnya, CPNS 2013 dan semua ‘ekornya’ bahkan belum selesai digarap.

Saat ini dilaporkan masih cukup banyak pemda yang belum menetapkan dan mengumumkan kelulusan CPNS 2013, sehingga hingga saat ini belum mengajukan usulan pemberkasan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS baru. Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih memberikan kesempatan meski waktu pemberkasan tinggal sebulan lagi.

“Kalau sekarang, masih ada waktu sebulan lagi. Jadi daerah punya waktu menetapkan kelulusan dan masuk ke proses pemberkasan,” kata Kepala BKN Eko Sutrisno kepada JPNN.com, Minggu (26/1).

Bagi daerah yang masih enggan menetapkan kelulusan karena alasan takut didemo, BKN tidak akan memberikan dispensasi perpanjangan waktu pemberkasan. Apalagi bagi daerah yang menolak mengumumkan kelulusan karena menganggap ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat atau tidak puas dengan hasil seleksi CPNS 2013 lalu.

“BKN tidak akan mentolerir daerah yang sengaja mengulur-ulur waktu. Kami akan tagih daerah untuk mengajukan seluruh berkas CPNS sebelum akhir Februari,” tegas Eko.

Data yang masuk dan diterima BKN per 22 Januari menyebutkan, baru 6.923 CPNS yang mengantongi NIP. Terbesar dari instansi pusat sebanyak 5.055 orang, sedangkan daerah hanya 1.868. Seperti diketahui, kuota CPNS yang disiapkan untuk instansi pusat 25 ribu dan daerah 40 ribu.

Adapun daerah-daerah yang CPNS-nya sudah mendapatkan NIP antara lain, Provinsi Jogjakarta 120 orang, Kabupaten Bogor 131 orang, Kabupaten Pohuwato 41 orang, Kota Pontianak 30 orang, Provinsi Kalimantan Barat 211 orang, Kabupaten Kayong Utara 199 orang, Kabupaten Sumbawa Barat 107 orang.

Selain CPNS dari jalur umum, penundaan pengumuman CPNS dari jalur K2 juga akan berakibat pada semakin molornya proses pemberkasan dan penetapan NIP. Padahal hanya berselang beberapa hari yang lalu pemerintah baru saja memberikan informasi mengenai mundurnya pengumuman hasil seleksi CPNS kategori K2 hingga pertengahan Februari nanti. (src:iberita.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.