Latest News

Kekuasaan Nyi Roro Kidul Hambat Prospek Masa Depan Indonesia

BERITA TERKINI, Pakar Hukum Laut Internasional Hasjim Djalal menegaskan Samudera Hindia menjadi prospek masa depan sektor ekonomi dan politik Indonesia. Apalagi, menurut Hasjim, saat ini banyak negara negara lain, seperti China dan India, yang aktif berebut pengaruh dan sumberdaya alam di samudera Hindia.

Hasjim juga mengatakan India dan China sudah mendapatkan lisensi untuk mengembangkan dan mengeksplorasi sumber daya mineral di samudera Hindia.

Sayangnya, jelas Hasjim dalam keterangan terulis yang diterima Tribunnews.com, Kamis (28/2/2014), Indonesia belum melihat samudera Hindia sebagai sumber potensi ekonomi yang besar.

"India sudah mendapatkan lisensi untuk mengembangkan mineral di Samudera Hindia. Begitu pula China yang mendapat konsesi mengeksplorasi mineral di gunung gunung bawah laut samudera Hindia. Potensi ikannya juga sangat besar, seperti tuna. Kapan kita mau memanfaatkan ini?" tutur ayahanda peserta konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, Dino Patti Djalal.

Menurut Hasjim, persepsi tentang kelautan yang belum banyak berkembang menyebabkan lemahnya pemanfaatan potensi kelautan dalam kehidupan kita. Misalnya, sebut Hasjim, di Jawa ada kepercayaan laut sebagai tempat Nyi Loro Kidul. Pemanfaatan sumberdaya laut dipandang menganggu kekuasaan Nyi Loro Kidul.

"Persepsi yang salah dapat mempengaruhi pemanfaatan resources kelautan, terutama di Samudera Hindia," jelasnya. (src:tribunnews.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.