Latest News

Tak Satupun Dapat Nilai A, Peserta CPNS K2 Dipertanyakan Kualitasnya

BERITA TERKINI, Nilai ambang batas (passing grade) tes CPNS 2013 dari honorer kategori dua (K2) akan dipastikan akan diturunkan dari semula, berbeda dengan passing grade yang diterapkan untuk jalur umum.

Berdasarkan hasil ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur honorer kategori dua (K2), tidak satupun peserta seleksi mendapat nilai A. Dari 600 ribu lebih honorer se Indonesia yang mengikuti seleksi, hanya empat orang di antaranya berkualifikasi B. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Mustari Soba mengungkapkan rendahnya kualifikasi honorer yang mengikuti seleksi. Nilai honorer, ujarnya, mayoritas C dan D.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) juga batal mengumumkan hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur honorer K2. Setelah sempat diberitakan akan dilakukan pengumuman pada tangga 4 Februari, Kemenpan kembali mengundurnya hingga 5 Februari. Selain itu, pengumuman K2 ini tidak akan dilakukan oleh pemda atau instansi terkait. Atas kesepatakan Kemenpan, Panselnas dan Pemda, pengumuman K2 secara keseluruhan akan dilakukan secara nasional oleh Panselnas. Pengumuman ini sifatnya nanti sudah final, kecuali untuk daerah yang menyelenggarakan tes kompetensi bidang (TKB), maka keputusan final tetap dilakukan daerah yang bersangkutan.

Mustari mengungkapkan, penundaan pengumuman seleksi CPNS jalur honorer K2 oleh Kemenpan-RB karena alasan teknis. “Kalau alasan teknis itu hanya Kemenpan yang berhak menyamapaikannya,” ujar Mustari.

Salah satu permasalahan yang mencuat dalam pertemuan sekretaris daerah dan BKD Provinsi se Indonesia dengan Kemenpan-RB, 29 Januari lalu, yakni rendahnya nilai hasil ujian para honorer.

“Hasil tes honorer K2 se Indonesia, tidak ada peserta yang mendapat nilai A. Honorer yang dapat B pun cuma empat orang. Jadi, rata-rata nilai C, inilah yang sempat mencuat saat pertemuan dengan Kemenpan,” ungkap Mustari Soba.

Namun, Mustari belum bisa memastikan apakah di antara empat honorer yang mendapat nilai B itu ada honorer Sulsel. Kondisi ini, sambung Mustari, menjadi pertimbangan utama sehingga passing grade kelulusan CPNS bagi honorer akan diturunkan. Mustari juga enggan berkomentar lebih rinci soal penurunan passing grade, dengan alasan kewenangan Kemenpan. (src:iberita.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.