Latest News

Facebook Buka Kantor di Indonesia, Apa Tanggapan Pengamat TI?

BERITA TERKINI, Website jejaring sosial Facebook telah mengungkapkan pembukaan kantor perwakilannya di Indonesia.

Namun, hal itu dianggap pengamat TI Heru Sutadi bukan merupakan hal yang istimewa. Menurut dia, adalah wajar bila soial networking asal Amerika Serikat itu membukan kantornya di Indonesia, karena terdapat 65 juta penggunanya di tanah air dan 90 persen diantaranya pengguna aktif.

"Bahkan Indonesia juga merupakan negara pengguna Facebook keempat terbesar di dunia. Namun begitu, pembukaan kantor perwakilan ini jangan ditanggapi dengan terlalu gembira dan langsung diberikan karpet merah," tuturnya, Minggu (23/3).

Menurut Heru, pembukaan kantor perwakilan di negara lain adalah hal yang biasa, termasuk juga oleh Facebook.

Sehingga, tambahnya, jangan terlalu gembira dan memberikan karpet merah pada mereka. Apalagi, kata Heru, jika Facebook buka kantor perwakilan hanya untuk memperpanjang tangan agar orang Indonesia banyak beriklan di Facebook dan menganggap Indonesia sebagai pasar iklan mereka yang besar.

"Yang jelas jika mereka ingin hadir dan berbisnis lama di Indonesia, harus mematuhi aturan dan ketentuan yang ada. Seperti, penempatan server di Indonesia. Kemudian, agar tidak dianggap sekadar agen iklan, Facebook harus pula bersama-sama menginkubasi dan mengembangkan konten maupun aplikasi lokal Indonesia," tambahnya.

Tak ketinggalan, lanjutnya, alangkah bagusnya jika putra-putri terbaik bangsa dari berbagai kampus mendapat kesempatan magang di pusat pengembangan Facebook serta juga menyediakan bea siswa bagi mereka.

"Jika tak ada nilai lebih seperti itu, ya berarti benar mereka hanya agen iklan Facebook di Indonesia. Kalau begitu, tidak layak disambut dan diberikan karpet merah," tegasnya. (src:merdeka.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.