Latest News

Gaji Pendiri Facebook "Zuckerberg " Hanya US$1 Per Tahun?

BERITA TERKINI - Menjadi pimpinan di perusahaan raksasa semestinya menerima gaji besar. Namun tidak demikian dengan CEO yang juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Mengapa?

Dalam laporan ke Komisi Sekuritas dan Saham AS baru-baru ini, Facebook menyebutkan di tahun 2013 Zuckerberg hanya menerima gaji US$1. Angka itu sangat jauh dibandingkan dengan bayarannya pada 2012 yakni sebesar US$503.205, demikian lansir Bloomberg.

Pertanyaan yang timbul adalah mengapa gaji Zuckerberg yang merupakan orang nomor 22 terkaya di dunia ini bisa turun drastis setelah Facebook go public?

Sudah menjadi kebiasaan di area teknologi Silicon Valley bahwa ketika seseorang sudah sangat kaya maka mereka memutuskan mengurangi gaji tahunan mereka menjadi US$1 saja.
Hal semacam ini sebelumnya juga pernah dilakukan sejumlah petinggi perusahaan teknologi lainnya, termasuk mendiang Steve Jobs dan kini juga dilakukan oleh dua bos Google, Larry Page dan Sergey Brin.

Akan tetapi, tentu saja besaran gaji pokok yang hanya US$1 itu tidak mengurangi jumlah uang yang mereka terima tiap tahun. Zuckerberg misalnya. Ia tercatat memiliki 61,6% saham di Facebook yang tentu saja menjadi sumber pemasukan finansialnya.

Selain itu, Facebook juga membiayai semua perjalanan Zuckerberg dengan jet pribadi, termasuk biaya untuk bahan bakar, makan, dan para asisten, termasuk jika pesawat tersebut dipakai untuk keperluan pribadi.

Ternyata gaji US$1 yang diperoleh pria 29 tahun ini tidak berpengaruh terhadap kondisi keuangannya, bukan? (src:teknologi.inilah.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.