Latest News

Menarik, Foto Jokowi di Sampul Majalah Legendaris Kelas Dunia "Time Magz"

BERITA TERKINI, Sungguh menarik sekali, Jokowi dipilih sebagai tema utama di Majalah Time untuk edisi 27 Oktober 2014 mendatang. Majalah legendaris kelas dunia dengan kredibilitasnya yang diakui secara internasional.

Di sini saya hendak membahasnya murni dari sudut pandang seorang pengamat fotografi, hobi yang telah saya minati semenjak tahun 90′an.

Pertama kali melihat foto sampul ini, saya langsung terkesan dan kagum. Fotografer foto sampul ini benar-benar profesional. Hal ini mendorong saya tuk lebih mengenal fotografernya, Adam Ferguson.

Hohoho… pantesan, ternyata Adam Ferguson, sosok sebayaku ini (sama-sama lahir ‘78 hehehe) merupakan fotografer profesional kelas dunia yang fokus pada Fotografi Humaniora, hal ini bisa kita lihat dari karya-karyanya di situs resminya, Adam Ferguson Photo dan di akun Instagramnya, Adam Ferguson Photo Instagram.

Prestasinya seabrek-abrek dan kliennya media-media mainstream kelas wahid seperti Time Magazine, National Geographic Magazine, Bloomberg Businessweek, Human Rights Watch, dan The Independent. Lebih lengkapnya sila disimak di situsnya tersebut.

Ok, apa hebatnya foto Jokowi yang dijadikan sebagai main cover Time Magz ini, dari sudut pandang fotografi?
  1. Ekspresi wajah. Ini merupakan parameter utama dari objek-objek fotografi humaniora, sangat penting dalam menilai bagus tidaknya foto tersebut. Di foto ini ekspresi wajah Jokowi sekilas terlihat sederhana, namun jika dipelototin dengan seksama muncul beberapa kesan yang sangat menarik, misalnya tatapan mata yang cukup tajam, tatapan yang sangat fokus kepada kamera, posisi kepala yang agak miring, rambut yang menutupi daun telinga, dan senyuman yang samar. Secara keseluruhan memancing berbagai kesan dan tanya bagi yang mengamati foto tersebut, misalnya pertanyaan ada apa di balik wajah ini?

  2. Detail objek. Foto ini sangat detail dan bersih. Berhasil menangkap gurat-gurat yang cukup halus hingga spot-spot hitam di wajah dan leher, termasuk kumis dan janggut yang baru tumbuh. Selain itu bagian kepala depan yang mulai menipis, menimbulkan kesan pemikir. Satu hal lagi yang sangat penting, yaitu pakaian batik yang dikenakan Jokowi, simbol yang mewakili kebudayaan Indonesia. Batik dengan pola dan warna yang sangat sederhana, sangat umum, yang menunjang ekspresi wajah.
Jadi, foto sampul Jokowi di Time Magz ini memang sangat hebat. Ekspresi dan detail objek yang benar-benar nyambung dan sangat menyokong tema artikel yang diangkat oleh Hannah Beech.(src:kompasiana.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.