Latest News

Korea Konflik, Iran Siap Campur Tangan

Tentara Korea Selatan bersiap di tengah memanasnya Semenanjung Korea.

BERITA TERKINI, TEHERAN -- Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Asia-Pasifik Abbas Araqchi menyatakan, kesiapannya untuk turut campur dalam konflik Korea. Dia menjelaskan, Iran akan menemukan solusi damai bagi krisis Korea.

"Iran siap membantu menemukan solusi damai terhadap krisis yang ada di semenanjung Korea jika itu dianggap perlu oleh kedua pihak," kata Araqchi dalam wawancara eksklusif dengan Kantor Berita IRNA di Teheran, Rabu (10/4) waktu setempat.

Arachi menekankan, Korea Utara dan Korea Selatan telah berulang kali mengumumkan bahwa mereka tidak menginginkan perang. Dia pun menganggap pernyataan itu sebagai sinyal positif.
"Kami menganggap ini sebagai sinyal positif kepada masyarakat internasional untuk membantu mereka mengurangi ketegangan dan menemukan cara damai atas sengketa itu," tegas Araqchi.

Soal laporan yang menyebut Pyongyang telah memperingatkan diplomat asing untuk meninggalkan wilayahnya pada 10 April, Araqchi mengatakan, "Pyongyang hanya meminta kedutaan asing dan kantor organisasi internasional mengumumkan fasilitas yang mereka perlukan untuk memberikan keamanan bagi staf."

Araqchi mengatakan, akan membuat keputusan terkait sensitivitas isu tersebut. Diplomat Iran itu juga meminta Pyongyang dan Seoul menghindari gerakan provokatif terhadap satu sama lain dan mencoba untuk menemukan solusi damai atas permasalahan mereka. Ia menegaskan, perang nuklir tidak akan membantu perdamaian dan stabilitas global.

Sumber: Republika.online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.