Latest News

Presiden Iran Nyatakan Tak Bangun Senjata Nuklir

Hassan Rouhani
Hassan Rouhani

BERITA TERKINI, TEHERAN -- Presiden baru Iran, Hassan Rouhani mengatakan negaranya tidak akan pernah membangun senjata nuklir. Rouhani juga mengatakan punya otoritas untuk menegosiasikan program pengayaan uranium dengan negara barat.

Baru-baru ini, Iran membebaskan 11 tahanan politik termasuk pengacara HAM Nasrin Sotoudeh. Delapan wanita dan tiga pria juga termasuk politisi reformis Mohsen Aminzadeh. Dalam kampanye pemilihan awal tahun ini, Rouhani berjanji membebaskan tahanan politik. Dia juga berjanji lebih moderat dan terbuka pada hubungan internasional. Dia dijadwalkan mengunjungi New York pekan depan untuk bertemu dengan PBB.

Laporan BBC menyatakan Rouhani memutuskan berbicara dengan kantor berita AS untuk menunjukkan pentingnya pemerintah Iran rekonsiliasi dengan Washington. "Ini bisa menjadi langkah halus dan kecil untuk masa depan yang sangat penting," ujar Rouhani.

Iran masih berada di bawah sanksi PBB dan negara Barat karena program kontroversial nuklir. Mereka mengatakan program pengayaan uranium untuk tujuan damai namun AS dan koalisinya menuduh Iran mencoba membangun senjata nuklir.

Gedung Putih pada Rabu kemarin mengatakan ada surat menyurat antara Presiden Obama dan Rouhani. "Dalam suratnya presiden mengindikasikan bahwa AS siap untuk memecahkan masalah nuklir dengan jalan yang mengizinkan Iran menunjukkan program nuklir untuk tujuan damai," ujar juru bicara gedung putih, Jay Carney. 

  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.