Latest News

Sosok Zaha Hadid Arsitek Ternama dunia Berkarir Sejak Kecil


BERITA TERKINI, Satu lagi tokoh ternama dunia yang berasal dari timur tengah menjadi trending topik karena kini fotonya terpampang di google doodle, dia adalah Zaha hadid.

SOSOK Zaha Hadid muncul dalam Google Doodle hari ini, Rabu 31 Mei 2017. Dia merupakan arsitek ternama dunia yang juga menggarap rancangan untuk Gedung Kesenian di Cikutra, Kota Bandung. Hari ini merupakan tanggal dia tutup usia pada 2016 lalu. Berikut sejumlah informasi ringan terkait sosok kelahiran 1950 tersebut:

Desain kamar
Zaha Hadid tumbuh besar di Baghdad. Anak dari pasangan pengusaha dan politisi sukses. Keluarganya berasal dari kalangan muslim suni Arab. Saat masih kecil, dia merancang sendiri kamar tidurnya. Kamar ini yang bisa dibilang sebagai karya pertamanya. Desain tersebut ternyata disukai banyak orang. Dari sana, tukang bangunan lantas menerapkan desain serupa untuk beberapa orang yang menginginkan kamar seperti milik Zaha Hadid. Maka dari itu, kamar Zaha Hadid menjadi serupa dengan banyak kamar lain di daerah tempat dia tinggal.

Memikirkan pembaruan total
Pada awal kariernya, Zaha Hadid konsen pada rancangan arsitektur dalam proyek-proyek kebudayaan. Dari sana, namanya mulai dikenal luas. Setelah itu, dia lantas beralih ke proyek-proyek komersil dan perumahan. Di setiap proses kerja, dia selalu memikirkan bagaimana caranya sebuah area yang dia kerjakan, berubah menjadi sebuah kawasan yang benar-benar baru. '

Rumah saat dewasa
Meski merupakan seorang arsitek termasyhur, Zaha Hadid tinggal di rumah yang bukan hasil karya desainnya sendiri. Menurut dia, mendesain tempat tinggal sendiri cukup dia lakukan saat dia masih kecil.

Bentuk lengkung
Bekal sebagai arsitek dia beroleh dari Architectural Association School of Architecture di London, Inggris. Di sana, dia mengenyam pendidikan bersama arsitek besar masa depan lainnya seperti Rem Koolhaas, Elia Zenghelis, dan Bernard Tschumi. Zaha Hadid dikenal karena hasil karya arsitekturnya yang memiliki desain futuristik yang kental dengan garis lengkung.

Mengajar
Selain sebagai arsitek, karier Zaha Hadid di dunia akademik juga terbilang cemerlang. Dia mengajar di Harvard Graduate School of Design, Chicago's School of Architecture, serta di lembaga-lembaga pendidikan lainnya.

Wanita dan Muslim Pertama
Zaha Hadid menjadi wanita pertama sekaligus Muslim pertama yang menerima Pritzker Prize in Architecture. Itu terjadi pada 2004. Selain itu, juga mendapatkan penghargaan Stirling Prize pada tahun 2010 dan 2011. Dia pun ditempatkan di urutan ke 69 dalam Forbes World's 100 Most Powerful Women List pada 2008. Dia juga masuk dalam daftar 100 orang pemikir paling berpengaruh pada 2010. (sumber: pikiran-rakyat.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.