Latest News

10 Tanda-Tanda Stress yang Jarang Diketahui

Stress (ilustrasi)
Stress (ilustrasi)

BERITA TERKINI,  Anda sedang galau? Ini hal lumrah. Hanya saja ketika Anda mulai  mengalami perubahan naik turun emosi relatif cepat,  bisa jadi itu stress. Bila terkendali mungkin tak mencemaskan, tapi bila berkepanjangan bisa berbahaya.

Jadi ada baiknya Anda memahami tanda stres  penyebabnya. Pengetahuan ini berguna untuk mengenali emosi dan memulihkan perasaan tertekan.

1. Jerawat yang bermunculan

Masalah ini mungkin banyak dijumpai di usia remaja. Sebagian besar menganggap ini perkara hormonal tetapi sangat mungkin stress adalah penyebat utama orang berjerawat.

Stress sangat mempengaruhi hormon. Stress normal terjadi ketika seseorang kesulitan dalam menangani suatu hal, seperti bertengkar dengan teman atau  masalah di rumah. Belajar untuk mengatasi stres dan kondisi emosi stabil tenang sungguh membuat penampilan terlihat lebih baik. Tersenyumlah

2. Teman sangat menjengkelkan

Teman-teman yang mengganggu berpotensi besar membuat Anda sangat stres. Waspadai, terlalu stres dapat membuat Anda marah-marah dan tidak sabar.

Solusinya adalah cobalah untuk tersenyum dan tertawa bersama teman-teman Anda. Tertawa dapat mengubah perasaan Anda dan menghilangkan stres.

3. Anda selalu merasa lelah

Saat Anda mendengarkan music dengan beat yang cepat, apakah Anda menari? Atau  jangan-jangan malah menguap? Jika Anda merasa sangat lelah, mungkin stres adalah penyebabnya. Lawanlah perasaan lelah ini dengan olahraga. Menari, berolahraga, atau berlari dapat membuat Anda  lebih rileks dan menambah energi, serta meningkatkan mood Anda.

4. Jantung berdebar

Jantung yang berdebar-debar bukanlah hal yang mengejutkan. Itu berarti tubuh Anda sedang bersiap untuk kondisi sulit, berjuang dan bertarung. Stress ringan bisa bagus untuk membantu Anda mencetak skor dalam permainan bola dan memenangkan pertandingan.

Mata Anda terbuka lebar sehingga bisa melihat lebih jelas. Otot Anda mendapat banyak aliran darah dan Anda berkeringat dingin. Bila Anda tak bisa merasa santai setelah mengalami gejala tadi, misal stress sulit membuat Anda tidur, berbicaralah dengan orang yang Anda percaya mengenai kecemasan Anda untuk mencari solusi terbaik.

5. Selera makan menggila

Makan berlebihan juga salah satu tanda Anda sedang stres. Saat Anda terlalu banyak  mengonsumsi junk food atau saat Anda tidak merasa bahwa Anda terlalu banyak makan justru waktunya untuk waspada.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat mengurangi energi Anda, menimbun racun dalam tubuh sehingga Anda merasa cepat lelah dan stres.

Makanan terbaik untuk memerangi stres adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian bersama dengan protein untuk menjaga rasa lapar Anda. Hindari keripik, pizza, kue, es krim, dan olahan junk food lainnya.

6. Sariawan

Stres dapat membuat sariawan muncul lebih sering. Tambahkan waktu Anda untuk bersantai seperti mendengarkan music atau berjalan-jalan.

7. Prestasi Menurun

Ketika Anda sedang stres akan masalah rumah atau sekolah, Anda pasti tidak akan bisa berkonsentrasi pada pelajaran. Jika stres terus berlanjut, tidak menutup kemungkinanAnda akan mengalami penurunan baik kinerja di kantor atau prestasi di sekolah.

Cara untuk mengalahkannya adalah belajarlah dengan teman-teman yang membuat Anda rileks.

8. Sakit Kepala
Stres yang terjadi dapat mengencangkan otot-otot kepala dan bagian belakang leher. Sesekali lakukan peregangan saat Anda terlalu lama belajar atau berada di depan komputer. Putar bahu dan kepala Anda dari sisi ke sisi untuk mengendurkan otot-otot  yang tegang.

9. Sakit perut

Saraf-saraf di perut dan usus mungkin merasa lebih sakit saat Anda stres. Tenangkan pikiran dan bernapaslah dengan dalam. Letakkan tangan pada perut dan bernapas melalui  hidung. Lakukan selama 10-20 menit setiap hari.

10. Ketergantungan pada obat-obatan dan alkohol

Jika Anda menggunkan obat-obatan atau alkohol untuk menangani stres, mintalah bantuan dari seorang dokter atau psikolog. 

  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.