Latest News

Yuanna Sisilia: Akil Mochtar Pernah Minta Transfer Rp.500 Juta

Akil Mochtar ditahan KPK.
Akil Mochtar ditahan KPK.

BERITA TERKINI, JAKARTA---Sekretaris pribadi Ketua MK nonaktif Akil Mochtar, Yuanna Sisilia mengatakan pernah beberapa kali dimintai atasannya tersebut melakukan transfer uang tunai Rp 50 juta hingga Rp 500 juta ke rekening yang bersangkutan. Namun dia mengatakan hal itu dilakukan saat Akil belum menjabat sebagai Ketua MK.

"Pernah saya diminta transfer mungkin Rp 500 juta sekali, pernah Rp 50 juta hampir setiap bulan, dan pernah juga Rp 100 juta. Saya membantu transaksi perbankan beliau (Akil Mochtar). Saya diberikan uang `cash` oleh pak Akil, lalu diminta bantuan untuk transfer ke rekening pak Akil sendiri, tapi itu sebelum beliau jadi ketua," kata Yuanna yang sudah menjadi sekretaris Akil selama empat tahun terakhir.

Yuanna mengaku tidak mengetahui dari mana asal uang tersebut. Dia juga mengaku tidak mampu mengingat kapan tanggal pasti kala dirinya dimintai tolong melakukan transfer saat itu. Kegiatan transfer uang itu berhenti dilakukannya sejak Akil menjabat Ketua MK.

Dia juga mengaku pernah beberapa kali melihat anggota DPR dan advokat datang berkunjung ke ruang kerja atasannya tersebut. "Kadang (yang datang) wartawan, kadang anggota DPR, kadang saya tidak mengenali. Mungkin pernah ada advokat berkunjung, seingat saya dua atau tiga orang," kata Yuanna saat memberikan keterangan di hadapan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi, di lantai 11 Gedung MK, Jakarta, Senin malam.

Yuanna mengaku tidak tahu pasti siapa sosok anggota DPR atau advokat yang hadir. Namun dia mengatakan bahwa mayoritas adalah pria.

Sementara itu, Yuanna mengatakan pascatertangkapnya Akil oleh KPK dan nama atasannya itu dihubungkan dengan nama anggota DPR Chairunnisa, dirinya mengaku sempat mengingat ada sosok yang sama dengan Chairunnisa yang pernah datang ke ruangan Akil Mochtar. "Setelah tahu ibu Chairunnisa dari televisi, saya bicara dengan teman-teman, memang saya ingat ada sosok yang mirip (Chairunnisa) pernah datang ke sini," kata Yuanna. Namun dia tidak bisa memastikan apakah itu benar sosok yang sama.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.