Latest News

Pengungsi Korea Utara, Curi Kapal untuk Pulang

Tentara Korea Selatan berjaga di dekat Zona Demiliterisasi yang memisahkan dua Korea di Paju, Seoul, Kamis (4/4).

BERITA TERKINI, SEOUL -- Seorang pengungsi Korea Utara yang menetap di Korea Selatan pada 2007 telah kembali ke Utara dengan sebuah kapal nelayan yang dicuri di tengah-tengah meningkatnya krisis militer. Demikian kata seorang pejabat Seoul pada Kamis waktu setempat.
Pengungsi berumur 28 tahun yang diidentifikasi dengan nama panggilan Lee itu mencuri kapal di pulau Yeonpyeong yang terletak di sebelah perbatasan maritim yang disengketakan dengan Korea Utara. Demikian kata seorang juru bicara kementerian pertahanan kepada AFP.

''Lee, yang bekerja sebagai anggota awak di kapal yang sama, menggunakan kapal itu untuk menyeberangi perbatasan pada Rabu malam,'' kata juru bicara itu.

Pihak militer Korsel mendeteksi perjalanannya pada radar dan menghubungi pemilik kapal yang memberikan nomor ponsel Lee. Para pejabat kemudian memanggil Lee dan mendesaknya untuk kembali.

''Tetapi, dia menolak,'' kata juru bicara itu.
Yeonpyeong yang terletak sekitar 1,5 kilometer (0,9 mil) selatan perbatasan adalah pulau yang dihujani tembakan oleh Korea Utara pada November 2010 dalam satu serangan yang menewaskan empat warga Korea Selatan.

Pyongyang bulan lalu memperingatkan penduduk pulau yang dilengkapi peralatan berat militer itu untuk meninggalkan pulau itu menjelang serangan-serangan dahsyat karena ketegangan militer di semenanjung Korea kian meningkat.

Sekitar 25.000 warga Korea Utara telah melarikan diri untuk menetap di Korea Selatan. Sebagian besar menyeberang melalui Cina. Hanya sejumlah kecil yang kembali ke negerinya.

 Sumber : Republika.online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.