Latest News

Iran Reaksi Usaha AS Bangun Pangkalan Militer di Afghanistan

Ali Akbar Salehi
Ali Akbar Salehi

POHUWATO ONLINE, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan, masalah keamanan di Afghanistan harus diserahkan kepada rakyat negara itu.

Sebagaimana dilaporkan Mehrnews, Salehi dalam pertemuan dengan Utusan PBB untuk Afghanistan, Jan Kubis di Tehran, membahas berbagai isu terkait Afghanistan.

Salehi menekankan kemajuan proses politik di Afghanistan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di negara tersebut. Ia juga menyatakan penentangan Iran terhadap pembangunan pangkalan militer AS di Afghanistan.

Menlu Iran menyeru negara-negara Barat untuk bersikap rasional menyangkut masalah tersebut dan tidak melakukan sesuatu yang akan menciptakan masalah bagi rakyat Afghanistan dan kawasan.

Dalam pertemuan itu, Kubis juga menilai penting peran Republik Islam dalam proses transformasi regional, termasuk dalam masalah Afghanistan. Ia selain menjelaskan kegiatan dan langkah-langkah PBB, juga menyerahkan laporan mengenai perkembangan di Afghanistan.

Kubis menegaskan pentingnya partisipasi negara-negara penting di kawasan dan para tetangga Afghanistan dalam proses rekonstruksi di negara itu.

Pada kesempatan itu, Utusan PBB untuk Afghanistan meminta kontribusi Iran dalam memajukan proses transisi kekuasaan di Afghanistan serta mendorong masyarakat dan semua kelompok untuk mengikuti pemilu mendatang.

 Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.