Latest News

'Runtuhnya Mata Uang Euro Berpotensi Perang di Eropa'

'Runtuhnya Euro Bisa Picu Perang di Eropa'
Mata uang Euro (Ilustrasi)

BERITA TERKINI, LONDON -- Menteri Perdagangan Inggris, Vince Cable menilai runtuhnya mata uang tunggal Eropa berpotensi memicu perang di benua itu. Demikian dikatakan anggota partai Liberal Demokrat itu pada sebuah acara di Festival Sastra Cheltenham berjudul 'Penghematan, euro, dan kita'.

"Tidak ada jaminan otomatis. Konflik militer akan pecah di Eropa sebagai konsekuensi runtuhnya euro yang tak dapat diperkirakan," ujarnya.

"Saya pikir kita perlu mengambil stok, bahwa jika zona euro membuka cara yang bisa menghancurkan proyek Eropa - dan terdapat risiko yang bisa terjadi - konsekuensinya akan benar-benar tak terhitungkan," kata Cable lagi.

Mengenai pemberian Hadiah Nobel perdamaian kontroversial pekan lalu untuk Uni Eropa, menurut dia, mata uang tunggal diperkenalkan untuk membawa bangsa bersama-sama menentang nasionalisme dan membawa konflik yang ekstrim seperti yang terjadi dalam Perang Dunia Kedua.

"Kita cenderung melupakan, sampai kita diingatkan pada pekan lalu itu dengan Hadiah Nobel, bahwa proyek Eropa itu dibangun dalam rangka menyelamatkan Eropa dari nasionalisme dan konflik yang ekstrim . Tidak ada jaminan otomatis yang tidak akan kembali," tandas Cable.

Sumber : Republika.online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.