Latest News

Hari Kedua Demonstrasi, Turki Tangkap 939 Demonstran

Recep Tayyip Erdogan
Recep Tayyip Erdogan

POHUWATO ONLINE, ANKARA -- Polisi antihuru hara dengan kendaraan lapis baja dan helikopter menembakkan gas air mata dan meriam air di Istanbul dan Ankara pada hari kedua demonstrasi di Turki. Menteri dalam negeri, Muammaer Guler mengatakan 939 orang ditangkap di lebih dari 90 aksi demonstrasi terpisah.

Perdana Menteri Turki, Tayyip Erdogan meminta demonstrasi anti-pemerintah paling sengit dalam beberapa tahun terakhir pada Sabtu (1/6) diakhiri. Kerusuhan tersebut dipicu rencana pemerintah untuk membuat replika barak perumahan atau apartemen era Ottoman di Isranbul Taksim Square. Tempat tersebut telah lama digunakan sebagai lokasi protes politik.

Bentrokan pecah di Kizilay antara massa dengan polisi setelah gas air mata ditembakkan dari helikopter. Polisi anti-huru hara mendesak pendemo ke sisi jalan. Demonstrasi juga terjadi di Aegean di wilayah pesisi Izmir.

Sebelumnya, polisi ditarik kembali dari Gezi Park di Taksim di mana demonstrasi damai dimulai pada Senin lalu. Orang-orang protes atas penebangan pohon untuk pembangunan. "Orang-orang dari latar belakang yang berbeda datang bersama-sama. Ini telah menjadi protes terhadap pemerintah, melawan Erdogan yang mengambil keputusan seperti raja," ujar seorang arsitek berusia 31 tahun, Oral Goktas dilansir Reuters.

Erdogan mengatakan pembangunan kembali Gezi Park digunakan sebagai alasan untuk kerusuhan dan peringatan Partai Oposisi Utama Rakyat Republik (CHP). Hal itu memicu ketegangan antara pemerintah dan oposisi. Namun, protes yang menentang Erdogan tidak mengatasnamakan partai politik manapun.

Pejabat CHP meminta anggotanya untuk tidak mengambil bendera partai untuk demontrasi. Pemimpin partai, Kemal Kilicdaroglu menuduh Erdoga berperilaku seperti seorang diktator.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.