Latest News

Wilayah Barat AS Diserang Hawa Panas

Greater Phoenix, Amerika Serikat
Greater Phoenix, Amerika Serikat

POHUWATO ONLINE, ARIZONA -- Wilayah barat Amerika Serikat (AS) dilanda hawa panas dengan temperaturnya memecahkan rekor tertinggi yang pernah tercatat sebelumnya.

Phoenix dan Arizona diserang hawa panas dengan temperatur mencapai 48 derajat celcius pada Jumat (28/6) waktu setempat. Temperatur 37 derajat celcius juga melanda wilayah utara seperti Utah. Hawa panas tersebut kemungkinan masih akan dirasakan sepanjang akhir pekan.

Kota-kota di wilayah tersebut membuka pusat pendingin. Otoritas khawatir hawa panas dapat menunda perjalanan lewat udara. Sebagian besar pesawat dapat beroperasi dengan temperatur hingga 52 derajat celsius. Namun, suhu sekitar 47 derajat celcius sudah berpengaruh pada kondisi saat lepas landas.

Juru bicara maskapai As mengatakan temperatur di Phoenix dimonitor dengan ketat. Warga Arizona, Michael Fedo mengatakan keluarganya memilih tinggal di rumah. Jika ingin ke supermarket, dia memilih pergi pada tengah malam. "Saya memasang tirai di setiap jendela rumah," ujarnya dikutip BBC.

Layanan Cuaca Nasional menerbitkan peringatan panas untuk sejumlah wilayah termasuk Las Vegas sampai Senin pagi. Sejumlah wilayah di lima negara bagian seperti Colorado dan Utah diprediksi akan merasakan temperatur 37 derajat celcius sepanjang akhir pekan.

Temperatur di Death Valley di gurun California diperkirakan mencapai 53 derajat celcius. Temperatur udara paling tinggi di bumi yang pernah dicatat mencapai 57 derajat celcius pada 100 tahun lalu yakni 10 Juli 1913.

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.