Latest News

Setelah MH17, Rudal Kembali Rontokkan 2 Jet Tempur di Ukraina

BERITA TERKINI, Dua jet tempur milik Ukraina ditembak jatuh di area yang dikuasai separatis dukungan Rusia di wilayah timur negara itu, Rabu (23/7).

Menurut pemerintah Ukraina, pesawat itu dihantam rudal yang ditembakkan dari Rusia, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah pelakunya separatis yang menyebrang perbatasan atau orang Rusia sendiri.
Apa pun jawabannya, insiden ini semakin menambah sorotan atas konflik di kawasan timur Ukraina, antara kelompok separatis yang menginginkan otonomi di kawasan yang banyak dihuni warga beretnis Rusia tersebut, melawan pasukan pemerintah nasional yang ingin mengambil alih kendali.

“Menurut informasi yang kami terima, rudal-rudal tersebut ditembakkan dari teritori Rusia,” kata juru bicara Dewan Nasional Keamanan dan Pertahanan Ukraina, Andriy Lysenko.

Pesawat yang menjadi korban sedang terbang di ketinggian 17.000 kaki ketika tertembak.

“Jarak itu terlalu tinggi untuk bisa dijangkau sistem pertahanan udara jinjing. Itu hanya bisa dijangkau oleh rudal kelas berat," kata Lysenko.

Sebelumnya pemerintah Amerika Serikat menunjukkan bukti bahwa kelompok separatis menggunakan senjata pasokan Rusia untuk menembak jatuh pesawat Malaysia Airlines MH17 pekan lalu, dan menewaskan semua 298 orang di dalamnya. Namun Rusia dan separatis balik menuduh Ukraina di belakang jatuhnya jet Boeing 777 itu.

Pesawat Malaysia itu sedang terbang 33.000 kaki ketika dihantam rudal darat-ke-udara canggih SA-11 yang ditembakkan dari wilayah separatis, menurut laporan pejabat intelijen AS.

Dua jet tempur Ukraina yang ditembak jatuh adalah juga buatan Rusia dan sedang dalam perjalanan kembali ke pangkalan yang membantu pasukan darat dalam pertempuran di dekat perbatasan.

Pilot dua pesawat itu berhasil lolos dengan kursi lontar, namun belum ada kabar tentang kondisi mereka.

Lokasi penembakan hanya beberapa mil dari jatuhnya pesawat Malaysia. (src:beritasatu.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.