Latest News

Konsumsi Susu Berlebihan Picu Penyakit Ginjal

Pria minum susu/ilustrasi
Pria minum susu/ilustrasi

BERITA TERKINI, JAKARTA -- Mengonsumsi susu melebihi jumlah kebutuhan yang dianjurkan akan membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah memicu penyakit ginjal.

"Susu adalah sumber kalsium yang memang diperlukan oleh tubuh, tapi terlalu banyak konsumsi kalsium dapat membebani kerja ginjal," ujar dokter spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, Selasa.

Terlalu banyak asupan kalsium memang akan memicu masalah pada ginjal seperti timbulnya batu ginjal. Kalsium yang tidak terserap tubuh, akan terbuang melalui saluran kencing untuk mempertahankan keseimbangannya di dalam tubuh.

Namun, sebelumnya kalsium akan mengendap pada saringan ginjal, inilah yang menyebabkan pembentukan batu kristal pada ginjal yang disebut kalsium oxalat atau kalsium phosphate.

"Jadi memang sebaiknya konsumsi susu cukup satu atau dua gelas per hari untuk orang normal, karena ada sumber kalsium yang berasal dari bahan makanan lain selain susu," jelas Saptawati.

Berdasarkan kebutuhan pada umumnya, laki-laki hanya membutuhkan 1.000mg sampai 1.200mg kalsium setiap harinya.

Sementara perempuan membutuhkan sekitar 1.200mg hingga 1.500mg kalsium perhari, dan anak-anak membutuhkan 1.300mg kalsium per hari. Asupan kalsium terbanyak yang boleh dikonsumsi per hari adalah 2.500mg. 

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.