Latest News

Penemuan Telapak Kaki Raksasa di Tomohon Manado, Diduga Leluhur Minahasa!

ANEH UNIK, Leluhur Orang Minahasa belakangan ini diyakini adalah orang bertubuh besar atau sering disebut manusia raksasa. Keyakinan ini muncul setelah ditemukannya beberapa fosil bekas telapak kaki berukuran panjang setengah meter lebih dan telah membatu di kawasan perkebunan Kinilow dan Kakaskasen, Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Jejak kaki raksasa di Kinilow, Tomohon.Jejak kaki raksasa di Kinilow, Tomohon."Memang sudah muncul pandangan bahwa leluhur orang Minahasa adalah manusia bertubuh besar atau raksasa. Ini setelah ditemukan beberapa bekas telapak kaki berukuran besar, panjang sekitar 74 Cm dan lebar telapak sekitar 30 Cm," ujar Arie Tulus, pemerhati budaya Minahasa, kepada SRMnews, Kamis (19/7) di Manado.


Bekas telapak kaki raksasa itu ditemukan di dua lokasi di Tomohon tepatnya di perkebunan Kinilow dan Kakaskasen, beberapa tahun lalu oleh warga desa di sebuah kawasan perkebunan. Bekas telapak kaki yang sudah membatu itu berukuran panjang sekitar 74 Cm dan lebar sekitar 30 Cm dengan bekas lima jari kaki. Temuan itu sontak membuat heboh warga Tomohon dan sekitarnya sekaligus mengundang perhatian para pemerhati budaya.


Sejumlah warga Kinilow dan Kakaskasen sebenarnya telah lama mendengar temuan bekas telapak kaki raksasa itu dari orang tua mereka, tetapi mereka tidak berani mempublikasi temuan itu. Tetapi waktu itu cerita tersebut sering ditutup-tutupi karena dihubungkan dengan hal-hal yang mistis. "Kakek dan nenek kami sudah sering menceritakan itu, tetapi karena sering dihubungkan dengan hal-hal mistis kami kurang mempedulikan cerita itu," tambah Tulus.
 

Setelah temuan itu dipublikasi di berbagai jejaring sosial barulah cerita tentang bekas telapak kaki raksasa itu makin meluas dan mengundang perhatian banyak kalangan. Beberapa tim peneliti kemudian sudah melakukan pendalaman atas temuan itu. Bahkan Pemerintah Kota Tomohon juga sudah menurunkan tim ke lokasi dan berencana mengamankan lokasi itu untuk dipelihara agar tidak rusak. Lokasi temuan telapak kaki raksasa itu kini hampir setiap hari dikunjungi sejumlah warga tidak hanya dari kawasan Kota Tomohon tetapi juga sering dikunjungi warga dari luar Tomohon.
 

Berdasarkan cerita-cerita orang tua, telapak kaki raksasa itu dapat dihubungkan dengan kisah tentang sosok leluluh Minahasa berbadan besar yang dikenal dengan sebutan Siow Kurur (sembilan simpul). Siow Kurur digambarkan sebagai sosok lelaki berbadan tinggi dan besar dengan sembilan "buku" atau sembilan simpul dibadannya. Badannya besar dengan tinggi lebih 2 meter.
 

Temuan bekas telapak kaki raksasa itu juga kini dihubungkan dengan temuan-temuan situs dan fosil membatu berukuran besar seperti batu ceper atau meja batu ukuran besar, juga lesung batu berukuran besar. Menurut cerita orang tua, dahulu kala orang-orang Minahasa dihari tuanya pergi ke bukit-bukit batu yang jauh dari tempat tinggalnya dan membuat batu kubur (waruga) seukuran tubuhnya. Batu utuh berlubang tengah itu kemudian dipikul sendiri kemudian dibawa ke tempat tertentu sebagai kuburannya.
 

Sejauh ini belum ada laporan hasil penelitian ilmiah oleh tim arkeologi atas temuan bekas telapak kaki raksasa itu. Tetapi lokasi itu kini telah diamankan pemerintah setempat dan sering dikunjungi warga. (sumber)

  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.