Latest News

Israel: Kelumpuhan Militer Mesir Target Utama Kudeta

Militer Mesir
Militer Mesir

BERITA TERKINI, JERUSALEM -- Beberapa jenderal Israel mengungkapkan sejumlah fakta terkait kudeta militer Mesir. Mereka menegaskan Israel memiliki peran dalam kudeta militer yang dipimpin oleh panglima Abdul Fattah Al Sisi.

''Para jenderal menegaskan bahwa Israel ingin melumpuhkan militer Mesir untuk jangka panjang,'' sebut laporan PIP mengutip situs Isu Central Israeli pada Kamis (22/8).

Laporan itu dikutip dari hasil wawancara wartawan radio militer Israel, Razi Berkani, yang mengundang sejumlah jenderal veteran negara itu sebagai narasumber. Berkani mengundang mantan panglima angkatan udara Israel, Raven Bethatsor; mantan panglima militer Israel, Dani Haltus; dan mantan ketua peneliti di badan intelejen militer, Amos Galboa.

Jenderal-jenderal Israel ini sepakat bahwa langkah paling penting dalam kudeta Mesir bukan melengserkan Muhammad Mursi dan menjatuhkan pemerintah Ikhwanul Muslimin. ''Tetapi, target paling penting adalah mendorong militer Mesir untuk semakin lumpuh,'' sebut laporan tersebut.

Melumpuhkan militer Mesir menjadi setrategi terpenting bagi Israel. Sebab, Israel menilai militer mesir masih memiliki kekuatan dan perlu diwaspadai.

''Israel tidak pernah memperkirakan terjadinya hasil seperti ini di Mesir. Israel tidak pernah memperkirakan militer Mesir akan merebut kekuasaan politik dengan cara seperti ini,'' kata Bethadsor.

''Dengan berkuasanya militer ke pucuk pimpinan politik, maka hal ini akan mengubah perimbangan kekuatan antara Israel dengan Arab di masa mendatang dalam jangka panjang,'' katanya.

Sementara, Amos menegaskan Amerika Serikat harus memanfaatkan pengaruhnya terhadap elit militer Mesir dan meyakinkan mereka untuk melakukan peran seperti halnya peran militer di Turki sebelum era Recep Tayyip Erdogan.

Amerika harus menjamin militer mencegah pihak-pihak kelompok ekstrim menguasai pemerintahan di Kairo. ''Israel dan Amerika memiliki kepentingan di dalam hal ini,'' katanya.

Dani Haltus menegaskan,“Meski kami gembira dengan jatuhnya Mursi, namun yang terpenting dari itu adalah bagaimana militer Mesir akan lemah karena sibuk dengan kekuasaan politik selama jangka waktu mendatang.” 

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.