Latest News

Mesir Makin Menyedihkan, Pemerintah Bantai Demonstran

Seorang tentara Mesir berjaga dengan kendaraan lapis baja dekat lapangan Nahda, tempat para pendukung Presiden Muhammad Mursi berkemah di sekitar Universitas Kairo, Giza
Seorang tentara Mesir berjaga dengan kendaraan lapis baja dekat lapangan Nahda, tempat para pendukung Presiden Muhammad Mursi berkemah di sekitar Universitas Kairo, Giza

BERITA TERKINI, PARIS -- Tindakan keras yang diambil pemerintah Mesir untuk membubarkan para pendukung Mohamed Mursi memicu kecaman luas dari masyarakat internasional. Mereka menyebut kerusuhan itu sebuah pembantaian.

PBB, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Iran, Qatar dan Turki mengecam keras penggunaan kekerasan oleh pemerintah sementara yang didukung militer. Dalam aksi pembubaran demonstran tersebut sedikitnya 278 orang tewas. 

Sekjen PBB Ban Ki-moon yang telah mendesak kedua pihak untuk menahan diri, menyatakan penyesalannya karena pemerintah Mesir malah memilih menggunakan kekuatan untuk menanggapi demonstrasi yang sedang berlangsung. 

Menlu AS John Kerry menyebut pertumpahan darah tersebut sangat menyedihkan. Ia mendesak militer Mesir untuk mengadakan pemilu. Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan Amerika Serikat mengutuk kekerasan terhadap demonstran dan mendesak militer untuk menahan diri.

Menlu Inggris William Hague mengatakan dia sangat prihatin dengan meningkatnya kekerasan dan kerusuhan.  "Saya mengutuk penggunaan kekerasan dalam upaya membubarkan demonstran. Sebaiknya  pasukan keamanan dapat menahan diri," kata Hague, seperti dikutip AFP, Kamis (15/8).
Menteri Luar Negeri Swedia Carl Bildt menulis dalam akun Twitter-nya. "Tanggung jawab berada di tangan rezim penguasa. Sangat sulit mengembalikan proses politik."

Qatar, pendukung utama pro-Mursi Ikhwanul Muslimin juga mengeluarkan pesan serupa. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan, sangat mengutuk cara yang dilakukan pemerintah Mesir dalam menanggapi protes damai yang dilakukan di kamp Rabaa al-Adawiya dan Al-Nahda yang telah menewaskan orang tidak berdosa.

Turki yang telah mengembangkan ikatan yang kuat dengan pemerintah Mursi mendesak masyarakat internasional segera bertindak. Perdana Menteri Turki dalam pernyataannya mengatakan masyarakat internasional, khususnya Dewan Keamanan PBB dan Liga Arab, harus segera bertindak untuk menghentikan pembantaian ini.

Iran juga mengutuk keras pembantaian ini. Pernyataan serupa juga datang dari Gerakan Islam Palestina Hamas yang memerintah Gaza. Prancis, Jerman dan Italia menyerukan agar kedua belah pihak tenang.

"Prancis mengutuk paling tegas kekerasan berdarah di Mesir dan menuntut segera dihentikannya tindakan keras," kata Menlu Laurent Fabius.

Menlu Italia Emma Bonino mengatakan, amat sedih dengan peristiwa di Mesir. Menlu Jerman Guido Westerwelle juga mengatakan agar semua kekuatan politik segera kembali ke perundingan dan mencegah eskalasi kekerasan. Juru Bicara Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan konfrontasi dan kekerasan bukan jalan ke depan. Seruan yang sama juga datang dari Rusia. 

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.