Latest News

Kronologi Meledaknya Kapal Tanker di Lepas Pantai Jepang

BERITA TERKINI, Kapal tanker berbobot mati 998 ton, dilaporkan meledak di lepas pantai Jepang menyebabkan empat awaknya terluka dan sang kapten masih dinyatakan hilang, Kamis (29/5/2014).

Kapal tanker itu telah membongkar minyak mentah muatannya pekan lalu dan sejak saat itu diparkir di pelabuhan Himeji, Prefektur Hyogo, 450 kilometer sebelah barat Tokyo.

Seorang pejabat perusahaan yang berbasis di Hiroshima pemilik kapal itu, Syoho Shipping, Akihiro Komura mengatakan, tujuh dari delapan kru asal Jepang semuanya dalam kondisi selamat.

"Kapal itu membongkar muatan minyak mentah di pelabuhan Hyogo dan kapal itu dalam keadaan kosong saat meledak," kata Komura seperti dikutip kantor berita AFP.

"Saya mendengar kru kapal sedang menggunakan gerinda untuk melepas cat. Sepertinya itulah penyebab ledakan, karena sisa minyak bertemu api percikan dari gerinda," tambah Komura.

Komura menambahkan, kapal itu adalah milik perusahaannya dan semua awak kapal adalah warga negara Jepang. Semua awak dalam kondisi selamat kecuali kapten yang belum ditemukan.

Insiden ledakan kapal tanker Shoko-Maru itu membuat Perdana Menteri Shinzo Abe sempat "mengganggu" perdebatan di parlemen. "Di perairan Hyogo, sebuah kapal tanker baru saja terbakar dan meledak," kata Abe di hadapan para anggota parlemen.

Juru bicara pasukan penjaga pantai Jepang mengatakan, petugasnya masih terus berupaya memadamkan api yang memanggang kapal itu. "Kami masih mencari kapten kapal di perairan di sekitar kapal itu," kata sang juru bicara.

Pelabuhan Himeji adalah salah satu pelabuhan yang terletak di pesisir Laut Seto, lokasi sejumlah industri berat Jepang. Sementara itu, kota Himeji adalah sebuah tujuan wisata populer di Jepang karena memiliki banyak istana kerajaan kuno. (src:tribunnews.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.