Latest News

8 Poin Perbedaan Gaya Hidup di Indonesia dan Singapura

ANEH UNIK, Apa agan bangga jadi orang Indonesia? Menurut agan, nyaman gak sih tinggal di Indonesia? Kalau dibanding Singapura, nyaman mana?

Kali ini TS mau cerita sedikit perbandingan hidup di Singapura dan Indonesia, cermati, kira-kira nyaman mana ya?

Yuuuuk disimak

1. Gimana Kalo Pengen Punya Mobil?

Quote:Singapura:
Mau punya mobil di Singapore? Susah dan Mahal, baca trid Sulitnya Punya Mobil di Singapura gan..

Singkatnya, di Singapura mobil dibatasi. Harga mobil mahal, masa berlaku mobil cuman 10 tahun, pajak jalan tinggi. Belum ada ERP dimana kalo ngelewatin ruas jalan tertentu harus bayar, parkir mahal, bensin mahal. Susah bener dah kalo mau punya mobil
Gak enak banget kan disana, lagian, negara kecil, diputerin sehari juga kelar, bosen kan..
Spoiler for mobil:

Quote:Indonesia:
DP, Kredit, deal, bawa pulang mobil baru. Bensin disubsidi pemerintah. Harga mobil sangat murah, apalagi ada LCGC, setiap orang bisa punya mobil
Bisa keliling Indo naek mobil. Mobil lama pun boleh tuh beroprasi, ga perduli emisi apa polusi yang ditimbulin. Enak banget kan ya...

2. Kalau Pengen Punya Rumah?

Quote:Singapura:
Mau rumah satu lantai dan taman bunga? Kagak bisa. Disana adanya apartemen pemerintah. Dan semua warga wajib beli rumah pada pemerintah. Kebanyakan orang Singapore tidak tinggal di rumah tapi mrk tinggal di flat di sebut HDB (Housing Development Board). Harga HDB sekitar S$250,000 sampai S$700,000 ini flat kecil. Flat ini didirikan di tanah pemerintah, jadi warga Cuma punya hak guna bangunan, dan sebagian besar hak miliknya Cuma 99 tahun. Setelah itu tanahnya (lokasi flat) kembali jadi milik pemerintah, dan pemerintah bisa berbuat apa saja.
Gila, mahal banget kan gan rumahnya, mana Cuma flat kecil. Duit segitu bisa beli rumah ma taman di desa di indo..gak enak banget yah idup disana..
Spoiler for flat:

Quote:Indonesia:
Negara yang luas, punya rumah satu lantai disini biasa kan, punya tanah segede lapangan bola juga bisa. Enak banget deh punya rumah dengan halaman dan taman bunga.
Kalo gak ada lahan, bisa tuh ambil lahan di tepi sungai, rel, atau kuburan

3. Singapore is a Fine City

Quote:Singapura:
Fine city? Kota yang baik? Agan salah, karena Fine artinya adalah denda..

Singapore Kota Penuh Denda

Hmmm..apa aja sih yang di denda disana?

1. Denda S$500 jika mau ke Malaysia tapi bensin dibawah ¾ tangki. Kenapa kena denda coba? Karena harga bensin di Malay lebih murah, pemerintah singapura takut warganya beli bensin disana

2. Denda S$300 jika ada genangan dirumah. Ni cerita dari singapura: Suatu hari saya lagi off dan relax di apartment saya lalu tiba2x ada orang ketuk pintu, saya buka ternyata orang dari Ministry of Environment, setelah mereka tunjuk badge mereka lalu mereka minta masuk untuk check genangan air, mereka lalu masuk ke dapur, di situ ada pot tanaman dan emang ada genangan air, mereka bilang itu tidak boleh, saya bantah itu baru saja saya siram, Singapore kan panas banget kalau nggak di siram tanaman mati, terus mereka ke balcony di situ lagi2x ada genangan air ya karena saya baru siram, ternyata kalau kita siram tanaman tidak boleh meninggalkan genangan air di Singapore, akhirnya saya kena denda S$300 harus dibayar dalam waktu 2 minggu. Lalu mereka keluar dari Apartment saya dan ketuk tetangga saya, nggak dibukain lalu mereka pergi. Aduh dongkol banget, tahu ini mending nggak saya buka tuh pintu, nggak kena denda S$300. Yang saya heran, kalau emang lagi ada wabah demam berdarah, 100 orang udah mati di Singapore OK, boleh lah mereka periksa setiap rumah di Singapore, ini nggak ada angin, nggak ada hujan, mereka ketuk rumah, kesannya sengaja cari2x kesalahan kita

3. merokok di sembarang tempat bisa kena denda SGD 1.000 (Singapore Dollar). Artinya untuk urusan sebatang rokok saja agan bisa kena denda sekitar Rp. 9 juta!

4. Larangan untuk tidak meludah sembarangan, tidak boleh menyeberang jalan di luar penyeberangan, membuang sampah, makan disembarang tempat, bawa duren, memakan permen karet, dan lain-lain. Denda untuk setiap pelanggaran berkisar antara SGD 500 hingga SGD 1.500. Dan denda tersebut dibayar on the spot, artinya dibayar langsung kepada petugas yang menangkap, ditempat dimana kita kedapatan melanggar saat itu juga.

Buset dah,,apa2 kena denda, gak enak banget deh...

Quote:Indonesia:
Mau buang sampah, makan permen karet, mau belah duren, apa aja kamu mau, jungkir balik juga kagak didenda..
Enak banget kan tinggal di negara kita ini gan?

4. Kalo Kagak Ada Polisi?

Quote:Singapura:
Gak ada polisi? Kok masih pada tertib yah?
Semua sisi jalan dipantau oleh cctv, jadi meski polisi ga nongol di pinggir jalan, kalo agan ngelanggar rambu lalu lintas, siap2 aja nerima surat tilang dirumah. Disana sistemnya gak Cuma denda, tapi pinalti yang bisa berakhir pada pencabutan SIM. Dan kalo udah simnya dicabut, baru bisa beberapa tahun kemudian buat cari. Itupun kalo lulus tes, katanya sih, disana susah cari sim.

Quote:Indonesia:
kalo gak ada polisi, terobos aja lampu merah, gak pake helm, ngelanggar marka, tabrak lari, berhenti di zebra cross aman2 aja kan gan..gak ada yang liat.
Kalopun kena tilang, bayar selesai, gak ada tu acara pencabutan sim. Kalo mau cari sim tinggal lewat calo juga bisa. (meski sekarang udah susah)
Enak kan?

5. Kalo Mau Makan?

Quote:Singapura:
harga sekali makan disana brapaan sih? Kira2 5-10 dolar gan, kalo dirupiahin kira2 45-90 ribu skali makan
Bayangin sebulan habis berapa Cuma buat makan? Kata tour guide ane dulu, kalo ke Singapura Berpikirlah kalo beli barang, tapi jangan berpikir kalo beli makan. Kagak makan ntar, karena mahal2

Quote:Indonesia:
makan di warteg 15 rebu udah kenyang gan

6. Kalo mau denger radio gimana?

Quote:Singapura:
Di $ingapore denger Radio pun harus bayar, kalau agan beli radio di sono, agan harus bayar permit (licensing fee) ke SBA (Singapore Broadcasting Authority), nggak mahal sih paling cuma sekitar S$10 per tahun, tapi bukan uangnya, prinsipnya itu lho! Apa2 bayar

Quote:Indonesia:
Radio freeeeeee buat di dengerin

7. Kalo mau nyeberang jalan gimana?

Quote:Singapura:
Harus di zebra cross atau penyeberangan jalan yang disediakan. Kalo enggak, siap2 aja kena denda
Spoiler for nyeberang..:

Quote:Indonesia:
hey, mau nyebrang dimana aja bebas bro. Zebra crossnya udah dipake motor, penyeberangan jalan aja juga dipake motor

8. Kalo rokok gimana?

Quote:Singapura:
Rokok di singapura sangat mahal, kira2 $10 per bungkus. Dan di bungkusnya tuh ada gambar organ dalam manusia yang rusak karna rokok. Gimana gak takut coba. Kalo masuk singapura, rokok yang dibawa dari negara asal kudu udah dibuka, kenapa coba? Biar gak dijual tuh di singapura.
Spoiler for Rokok Singapura rada DP:

Quote:Indonesia:
Rokok murah, dimana aja bisa beli. Iklan menarik dan seabreg. Peringatan: merokok membunuhmu dan menjadikanmu seperti pria telanjang berkumis yang menyeramkan (copas punya teman)


Tambahan Dari Kaskuser
Quote:Original Posted By pay
Ane nyebrang sembarangan gan di singapura, untung gak di denda, oh iya yang paling ga enak tuh, di sana gak ada ketua rt , dan kita gak banyak kenal tetangga, paling beberapa tingkat aja.

dan buat yang muslim : kasian kalo meninggal di sana buat yasinan sempit , dan paling parah harus lewat tangga, gak boleh lewat lift bawa jenazah nya, kebayang kalo punya rumah di lantai 19 ke atas jadi kebanyakan dari rumah sakit langsung di kubur, dan paling parah nya kuburan di sana di tumpuk tumpuk.
pejwan bila berkenan

Quote:Original Posted By rahmattam
Tambah lagi gan..
Pas ane liburan kesana, Pas lagi duduk santai dipinggir taman sambil ngrokok, disamperin bule sama orang Malaysia. Trus kita ngobrol dan hasil obrolannya sebagai berikut.

Kalo di Singapur itu kalau orang udah meninggal trus dikuburin. Kurang lebih 5tahun kuburannya dibongkar trus dikremasi mayatnya. Trus kuburannya dibongkar semua dijadiin apartment, mall, dsb. Hampir semua tanah disana seperti tambang emas yang terus menghasilkan uang. Jadi bisa dikatakan kerajaan sana gak peduli sama orang yang udah meninggal.

Trus si bule juga ngomong kalo udah pesen sama keluarganya kalo sakit biar langsung dibawa ke Malaysia / Indonesia biar kalo meninggal bisa dikuburin disana.
Serem juga denger cerita kayak gitu..

Tuh kan, gak enak banget tinggal di Singapore, enakan tinggal di negara kita

Sementara itu dulu deh gan. (src:zonabaca)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.