Latest News

Serangan AS Untuk Suriah Disetujui Kongres

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama

BERITA TERKINI, WASHINGTON -- Presiden Barack Obama mendapatkan dukungan dari kedua belah pihak di Kongres untuk menyerang Suriah.

Juru bicara kongres dan pimpinan Republikan, John Boehner mengatakan, dia akan mendukung mosi presiden untuk menyerang rezim Bashar al-Assad karena menggunakan senjata kimia. Dia juga meminta teman satu partai mendukung rencana presiden tersebut.

"Kami memiliki musuh di seluruh dunia yang butuh mengerti kami tidak akan menoleransi perilaku seperti ini," ujar Boehner dikutip Al-Jazeera edisi Selasa (3/9) malam.

Rekan Republik, pemimpin mayoritas kongres Eric Cantor juga menyuarakan dukungan serupa. Sementara itu, pemimpin partai demokrat di kongres, Nancy Pelosi mengatakan dia tidak percaya kongres akan menolak permintaan Obama.

"Tindakan Assad keluar dari perilaku kemanusiaan dan kami harus meresponnya," ujar Nancy.

Pernyataan politisi tersebut datang setelah pertemuan di Gedung Putih dimana presiden percaya diri kongres akan mendukung aksi militer. "Apa yang kita bayangkan adalah sesuatu yang terbatas. Ini proporsional. Ini akan menurunkan kemampuan Assad," ujar Obama.

Menurutnya, pada saat yang sama, AS akan meningkatkan kemampuan oposisi. Obama menegaskan kembali bahwa pemerintah Suriah menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya pada 21 Agustus di pinggiran kota Damaskus.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dan menteri pertahanan Chuck Hagel memberikan bukti kepada komite hubungan luar negeri senat terkait temuan penggunaan senjata kimia. Kerry mengatakan jika tidak ada tindakan pada Assad akan memungkinkan kriminal lain bertindak kebal hukum.  

Sumber: Republika Online
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.