Latest News

Rumah Sakit Jiwa Mendadak Penuh, "Caleg Stres" Tak Kebagian Kamar

BERITA TERKINI, Sebanyak 35 kamar VIP Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur yang sedianya untuk para calon legislatif (caleg) stres pasca-Pileg sudah penuh terisi. Namun, penuhnya kamar-kamar ini bukan diisi para caleg tersebut melainkan oleh pasien anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sekertaris Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSJ Menur, Dra Rr Amelia, mengatakan belum ada caleg yang masuk RSJ Menur sehari setelah Pileg.

"Pengumuman pun belum ditentukan, jadi belum ada yang masuk. Yang ada malah pasien kami yang tadinya kelas 3 pindah ke VIP karena program JKN. Sekarang kamar VIP itu diisi pasien-pasien lama yang naik tingkat," kata Amelia, KAmis (10/4/2014).

Amelia menuturkan kamar-kamar yang tersisa di RSJ Menur tinggal kamar-kamar kelas 3. Kemungkinan besar, para caleg yang stress akan menempati kamar kelas 3 karena kelas VIP sudah penuh.

"Tapi saya tidak kapan mereka (caleg) masuk. Apakah setelah pengumuman atau bagaimana. Yang jelas, sekarang belum ada," sambungnya.

Terpisah, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan RSJ Menur Surabaya, dr Edith Maria Djaputra SpS, menambahkan para caleg yang depresi cenderung menurun tiap Pileg.

Pada Pileg 2004, RSJ Menur menerima lebih dari 50 caleg depresi. Namun hal itu menurun drastis pada Pileg 2009, di mana RSJ Menur hanya menangani empat pasien caleg.

"Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengharuskan psikotes untuk para caleg ini berguna untuk persiapan mental mereka. Mungkin juga pemberitaan media mengenai kamar caleg stres di RSJ membuat mereka malu kalau sampai masuk ke RSJ," terang Edith. (src:tribunnews.com)
  • Komen yuk!!, jangan lupa centang "Also post on Facebook" :)
  • BERITA TERKINI Designed by Templateism.com Copyright © 2014

    Theme images by Bim. Powered by Blogger.